Dades Nugroho Techno Enthusiast, Drafter, Calon Ayah dan Suami yang baik, insyaaAllah. Semoga apa yang saya bagikan disini bisa menjadi ilmu dan pedoman yang bermanfaat.

Cara Mengecek Garansi iPhone Asli

2 min read

cara mengecek garansi iphone

Di dalam tingginya persaingan smartphone spesifikasi premium dengan harga murah, Apple masih menjadi salah satu brand kelas atas yang menjadi primadona dengan produk premiumnya. Salah satu produk ponsel pintar dari apple ialah iPhone. Nah kali ini aku mau share gimana cara mengecek garansi iPhone yang asli.

iPhone memang masih menjadi salah satu smartphone favorit di kelas ponsel premium. Harganya juga tergolong mahal. Yang namanya barang premium pasti banyak banget kan tiruannya. Ya sebetulnya tidak hanya iPhone sih, hampir semua produk apple seperti iPad, iPod, Mac dan lainnya ada tiruannya.

Jenis Garansi iPhone

Salah satu hal yang bisa menghindarkan kamu dari produk iPhone palsu yaitu keaslian garansi. Nah sebelum kita lanjut ke cara cek garansi iphone yang asli, disini ada beberapa jenis dari garansi iPhone yang perlu kamu tau terlebih dahulu.

Garansi Distributor

Garansi distributor ialah garansi yang diberikan oleh pihak distributor yang memasarkan produk iPhone original atau asli ke Indonesia secara tidak resmi. Nah untuk distributor sendiri ada yang memang ditunjuk oleh pihak Apple namun adapula yang tidak berkaitan dengan Apple.

Bisa dibilang garansi dari authorized distributor ini yang mendekati resmi atau paling baik. Garansi distibutor hanya bisa kamu claim dari pihak distributornya. Jadi tak bisa kamu claim di Apple service center.

Garansi Toko

Garansi Toko biasanya diberikan untuk produk iPhone rekondisi, barang BM (Black Market / selundupan) atau supercopy. Biasanya durasi dari garansi toko ini tergolong singkat, hanya sekitar 1-3 bulan saja. Ini tidak berlaku untuk iPhone bekas yang memang sudah habis masa garansinya ya.

Garansi Internasional

iPhone dengan garansi internasional bisa kamu dapatkan ketika mengikuti pre-order di luar negeri seperti Australia atau Singapura. Meskipun sebutannya garansi internasional, bukan berarti garansi ini bisa kamu claim di negara manapun. Kamu hanya bisa claim garansi internasional dari negara tempat dimana kamu membeli ponsel iPhone tersebut.

Cara Mengecek Garansi iPhone

cara mengecek garansi iphone asli

Dengan mengecek garansi dari iPhone kamu, kamu bisa tau apakah devicemu merupakan produk asli dari Apple atau bukan. Segala informasi tentang iphone kamu akan terlihat nantinya. Begini caranya:

  1. Pertama kamu butuh nomor seri dari ponsel iPhonemu. Caranya buka menu “Settings” > “General” > “About”. Nanti layar akan menampilkan nomor seri dari ponsel kamu.
  2. Kunjungi situs ini checkcoverage.apple.com lalu masukkan nomor seri ponsel iPhonemu tadi.
  3. Ikuti langkah-langkah yang ada disana dan nantinya kamu akan mendapatkan semua informasi tentang ponsel kamu.

Tentunya jika ponsel iPhone kamu merupakan produk asli, maka akan muncul informasi dari mulai valid purchase date, technical support dan durasi garansi resmi dari Apple.

Jenis-jenis iPhone

Ini hanya sebagai tambahan informasi saja. Karena saya tahu banyak yang masih bingung tentang produk iPhone yang ada di pasar Indonesia. Kok ada yang barang baru tapi harganya murah, apa itu asli apa palsu? kamu harus paham betul tentang hal ini.

iPhone Original

Produk iPhone original ialah produk resmi dari Apple yang biasanya dipasarkan oleh distributor resmi di Indonesia. Ada beberapa distributor resmi di Indonesia antara lain iBox, Digimap, iStore dan banyak lainnya.

Tapi aku tetap merekomendasikan iBox sebagai seller terbaik iPhone di Indonesia. Aku sudah berkali-kali beli produk Apple di iBox dan untuk klaim garansi pun tidak ada masalah.

iPhone Refurbish

iPhone refurbish ini merupakan barang-barang gagal produksi atau bekas yang di daur ulang oleh pihak Apple sendiri. Baik dari sparepart dan mesin semuanya dirakit kembali menjadi ponsel baru. Untuk garansi tetap resmi dari Apple.

iPhone Rekondisi

Ini sama seperti iPhone refurbish yaitu daur ulang dari komponen iphone bekas yang dirangkai kembali menjadi ponsel yang layak pakai. Hanya saja yang merekondisi bukanlah dari pihak Apple melainkan teknisi biasa. Untuk garansi biasanya hanya sebatas garansi toko.

iPhone Supercopy / KW

Biasanya produk dari segi tampilan mirip sekali dengan iPhone asli. Namun semua komponennya merupakan barang KW atau palsu. Untuk harga sendiri sangatlah murah. Jadi kamu musti berhati-hati jika ada yang menawarkan ponsel iPhone seri terbaru dengan kondisi new namun harganya hanya sekitar 1-2 jutaan saja. Lebih baik hindari saja karna sama sekali tidak ada manfaatnya membeli barang supercopy.

Penutup

Itulah sedikit tips cara mengecek garansi iphone asli yang bisa kamu jadikan acuan untuk menghindari produk ponsel iPhone palsu. Semoga bermanfaat dan jika ada kritik, saran ataupun pertanyaan bisa langsung tulis dikolom komentar.

Dades Nugroho Techno Enthusiast, Drafter, Calon Ayah dan Suami yang baik, insyaaAllah. Semoga apa yang saya bagikan disini bisa menjadi ilmu dan pedoman yang bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *