Dades Nugroho "Jika Allah menghendaki, yang terburuk pun akan menjadi yang terbaik". Techno Enthusiast, Drafter & Blogger.

Cara Menggunakan Mesin Cuci 2 Tabung

2 min read

cara menggunakan mesin cuci 2 tabung

Untuk kamu terutama para kaum milenial yang baru saja memulai bahtera rumah tangga, aku mau berbagi pengalaman ke kamu semua nih soal cara menggunakan mesin cuci yang baik dan benar. Menurutku mesin cuci ini salah satu perabotan penting dalam rumah tangga. Apalagi kalo kalian termasuk orang yang sibuk dan “dont have much time” or “a bit lazy” buat cuci baju secara manual.

Mungkin ada dari kalian yang sudah tau apa dan bagaimana cara menggunakan mesin cuci 2 tabung. Namun disini ada beberapa tips dan petunjuk biar mesin cucimu lebih awet dan tidak mengalami hal yang tak inginkan. Prosedur ini juga work untuk segala merk mesin cuci 2 tabung seperti samsung, sharp, polytron, LG, aqua dan lainnya.

Sebelum itu bagi kamu yang belum tahu apa itu mesin cuci 2 tabung dan kelebihannya, simak dulu nih ulasanku dibawah ini. Yang udah tahu langsung skip aja ke prosedur cara menggunakan mesin cuci ini.

Apa itu Mesin Cuci 2 Tabung?

Mesin cuci dua tabung ialah sebuah mesin cuci yang dilengkapi dengan dua tempat / tabung dengan fungsi yang berbeda. Tabung pertama berguna untuk mencuci dan yang kedua untuk mengeringkan dengan tingkat pengeringan 70%.

Kelebihan dari mesin cuci dua tabung ini jelas ramah listrik. Dengan kata lain daya atau energi listrik yang dibutuhkan olehnya tak sebanyak mesin cuci jenis lain. Cocok banget buat kalian yang baru saja menikah dan mencoba untuk berhemat.

Sedang untuk kekurangannya setelah pakaian selesai dicuci, kamu masih harus memindahkan pakaian tersebut ke dalam mesin pengering disebelahnya secara manual. Tentunya ini tak sepraktis mesin cuci satu tabung dimana semuanya dilakukan secara otomatis.

Selain itu untuk jenis mesin cuci dua tabung ini juga lebih banyak membutuhkan air jika dibanding jenis lainnya. Oh iya ini ada daftar mesin cuci terbaik yang bisa kamu jadikan masukan kalau mungkin ingin mencari mesin cuci di tahun ini.

Prosedur Cara Menggunakan Mesin Cuci 2 Tabung

Nah sekarang lanjut ke prosedur penggunaannya. Sebenarnya tak ada yang spesial sih dari prosedur ini. Ya petunjuk secara umum lah hanya mungkin ada sedikit tambahan pengingat untuk hal-hal yang biasanya kurang diperhatikan. Langsung saja cuy.

1. Saklar penunjuk pada posisi Wash

Untuk langkah pertama nih pastikan dulu bahwa saklar penunjuk yang ada pada mesin cuci ini berada pada posisi mencuci atau wash. Jika sudah yakin, baru masukkan pakaian kotormu ke dalam tabung pencuci.

2. Isi air tak melebihi batas

Nah ini simpel namun biasanya suka kurang diperhatikan nih. Isikan air bersih ke dalam tabung pencuci sampai semua pakaian kamu terendam dengan baik, namun perhatikan juga jangan sampai melebihi batas. Biar mesin tetap awet.

3. Masukkan detergen

Sekarang silahkan masukkan detergen ke dalam mesin pencuci. Enaknya pakai mesin cuci jenis dua tabung tuh ini, kalian tak butuh detergen khusus seperti pada mesin cuci satu tabung. Jadi bisa leluasa mau pakai detergen apapun yang penting cocok sama pakaianmu. Tapi kalau mau menggunakan detergen khusus mesin cuci juga tak masalah. Malah makin bagus.

4. Atur waktu / timer

Setiap mesin cuci apapun merknya pasti sudah di bekali dengan timer berupa siklus waktu atau ada juga yang berupa jenis pakaian. Kalau ini atur waktu sesuai dengan jenis pakaian yang kalian cuci.

5. Buang air dan bersihkan

Setelah proses mencuci selesai, buanglah air bekas cucian tadi dengan cara merubah mode pencucian ke pengeringan. Pastikan juga selang pembuangan berada pada lubang pembuangan air.

Setelah air bekas cucian dirasa habis, isi kembali dengan air bersih dan jalankan kembali mode pencucian untuk membilas sisa-sisa detergen. Setelah itu buang lagi airnya dengan merubah mode pencucian ke pengeringan.

6. Pindah pakaian ke tabung pengeringan

Sekarang tinggal memindahkan pakaian yang telah kalian cuci dari tabung pencuci ke tabung pengering. Atur timer atau waktu pengering secara otomatis.

Untuk langkah ini aku sarankan untuk menunggunya saja. Jangan terlalu lama ditinggal untuk berjaga-jaga jikalau ada hal yang tak diinginkan.

Done, proses mencuci di mesin cuci 2 tabung telah selesai.

Cara Merawat Mesin Cuci 2 Tabung

Ini tips tambahan dariku untuk menjaga keawetan mesin cuci kalian. Setiap kali kalian selesai mencuci baju, pastikan keadaan mesin cuci benar-benar bersih dari sisa detergen. Karena detergen yang tersisa jika tidak dibersihkan maka bisa menimbulkan karat pada mesin cuci.

Lalu jika mesin cuci sudah kalian pastikan bersih, jangan dulu buru-buru menutup mesin cucinya. Karena bisa membuat mesin cuci tersebut menjadi lembab dan akhirnya berbau apek. Saranku biarkan penutupnya terbuka dulu beberapa waktu, ya mungkin sekitar 15-30 menit lah biar kering dulu.

Penutup

Yap cuy itulah sedikit penjelasan dan prosedur cara menggunakan mecin cuci 2 tabung yang baik dan benar. Ini berbasis pada pengalamanku ya. Alhamdullilah mesin cuci yang kupakai saat ini masih awet dan tidak rewel meskipun sudah berumur 5 tahunan.

Jika kalian ada kritik dan saran terkait artikel yang saya share di Teknisimuslim.com ini, silahkan langsung tulis di kolom komentar. Bantu kami dengan share artikel ini ke sosial media kalian. Semoga bermanfaat.

Dades Nugroho "Jika Allah menghendaki, yang terburuk pun akan menjadi yang terbaik". Techno Enthusiast, Drafter & Blogger.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *