Dades Nugroho Techno Enthusiast, Drafter, Calon Ayah dan Suami yang baik, insyaaAllah. Semoga apa yang saya bagikan disini bisa menjadi ilmu dan pedoman yang bermanfaat.

Cara Mereset Hp Semua Merk

3 min read

cara mereset hp

Untuk kamu yang butuh panduan cara mereset hp atau biasa disebut factory reset, kali ini aku mau jelaskan melalui 3 cara mudahnya. Factory reset sendiri fungsinya ialah untuk mengembalikan settingan handphone kamu ke setelan awal atau setelan pabrik.

Biasanya hal ini dilakukan guna menghapus cache memory yang menumpuk ketika menginstal aplikasi. Cache ini bisa menyebabkan handphone menjadi lemot, sering restrat sendiri dan parahnya ngefreeze atau ngehang.

Berikut ini cara mereset hp untuk semua jenis brand baik android maupun apple dan juga khusus untuk device iphone, asus, vivo, xiaomi, oppo dan samsung.

Cara Mereset HP Android

Pada umumnya untuk device android, ada 3 cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan factory reset baik itu soft reset maupun hard reset. Soft reset berguna untuk mengatasi handphone yang lemot karena cache yang menumpuk tanpa menghilangkan data, sedang hard reset akan menghapus semua data.

Untuk beberapa devices memang ada sedikit perbedaan seperti pada lokasi menu setting dan lainnya, namun inti dari langkahnya tetaplah sama. Cara-cara ini bisa kamu aplikasikan untuk semua merk dan tipe hp android. Begini langkahnya:

Melalui Menu Setting

Ini merupakan metode reset yang paling mudah dan aman untuk melakukan soft reset dan hard reset. Sebelum melakukan hal ini pastikan untuk membackup semua datamu ya. Ini langkahnya:

  1. Buka menu Setting > Backup Reset > Factory Data Reset dan nanti akan muncul pilihan untuk mengatur apa saja yang ingin kamu reset
  2. Pilih opsi Erase Everything untuk melakukan hard reset dan Reset Phone untuk soft reset
  3. Jika diminta kode pengaman seperti Password, pola atau pin, silahkan masukkan saja seperti biasanya

Proses factory reset akan dimulai. Tunggu saja sekitar 5-15 menit dan lanjutkan dengan mereboot hp.

Melalui Dial Phone

Ini cara paling simpel untuk melakukan factory reset, namun resiko kehilangan data lebih besar karena kamu tidak bisa mengatur apa yang akan direset terlebih dahulu.

Jadi sekali lagi pastikan untuk selalu membackup semua data sebelum melakukan factory reset ya. Begini langkahnya:

  1. Buka menu Dial di handphone android
  2. Ketik *#*#7780#*#* untuk melakukan Soft Reset dan ketik *2767*3855# untuk melakukan Hard Reset. Pilih salah satu saja sesuai kebutuhan

Tunggu proses factory sampai selesai kemudian reboot handphone androidmu.

Melalui Recovery Mode

Menurutku ini cara paling efektif untuk melakukan factory reset baik soft reset maupun hard reset. Namun cara ini tidak aku sarankan untuk kamu yang pemula dan tidak paham dengan system Android. Lebih baik serahkan pada mastah saja untuk melakukannya.

Untuk yang udah paham system android langsung saja ikuti tutorialnya dan pastikan selalu untuk membackup data agar aman, karena factory reset melalui recovery mode sudah pasti akan menghapus semua data di handphone kamu.

Begini langkahnya:

  1. Untuk masuk ke recovery mode, tekan dan tahan tombol Power + Volume Up atau Power + Volume Up + Volume Down secara bersamaan.
  2. Di dalam recovery mode, kamu bisa gunakan vol up dan vol down untuk memilih, tombol power untuk kembali dan tombol home untuk eksekusi
  3. Pilih opsi Wipe Data / Factory Reset dan OK atau eksekusi saja

Tunggu proses selesai kemudian restrat atau reboot handphone kamu.

Cara Mereset HP iPhone

Sekarang giliran produk Apple yaitu iPhone yang memang untuk tutorial resetnya sedikit ribet dan rumit. Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk mereset iPhone kamu yaitu dengan cara soft reset dan hard reset.

Soft Reset

Untuk soft reset ini tidak begitu berdampak besar, ya bisa dibilang hanya sekedar reboot atau restrat hp secara menyeluruh saja. Jadi untuk cara ini tidak akan menghapus data yang ada di iPhone kamu juga tidak memerlukan iCloud atau iTunes untuk melakukannya.

Fungsi dari soft reset ini ialah untuk memulihkan device yang tiba-tiba ngehang atau ngefreeze. Begini langkahnya:

  1. Tekan dan tahan tombol Home dan Sleep kurang lebih selama 10 detik secara bersamaan
  2. Nanti akan terasa getar sekali lalu layar iPhone kamu berubah menjadi hitam seperti mati. Jika sudah seperti ini, lepaskan jarimu yang menahan tombol home dan sleep tadi
  3. Tunggu beberapa saat sampai logo Apple tampil di layar hp iPhone kamu

Tunggu proses rebootnya dan voila tahapan soft reset sudah selesai.

Hard Reset

Untuk hard reset ini umumnya dilakukan untuk mengembalikan setelan iPhone ke setelan pabrik. Jadi nantinya semua data yang ada di hp kamu yang meliputi aplikasi, kontak, akun dan semua data di galeri serta pada file manager akan terhapus.

Biasanya hard reset dilakukan jika ingin menjual hp iPhone lama ke orang lain. Selain itu hard reset juga bisa kamu lakukan untuk mengatasi lupa password iPhone yang terkunci. Tapi tetap perhatikan bahwa resikonya ialah semua datamu akan hilang.

Hard reset juga bisa kamu gunakan untuk sekedar menyegarkan hp kamu yang dirasa sudah kebanyakan aplikasi dan malas uninstall satu persatu. Sebelumnya kamu juga bisa melakukan backup agar data-datamu tetap aman. Untuk backup nya kamu bisa gunakan iCloud atau iTunes.

Ini langkah untuk melakukan hard reset pada iPhone:

  1. Masuk ke menu Settings yang ada pada handphone iPhone
  2. Pilih General > Reset > kemudian pilih Erase All Content and Settings
  3. Nanti akan muncul peringatan tentang data yang akan dihapus, pastikan kamu sudah melakukan backup untuk mengamankan data
  4. Kemudian masukkan Apple ID untuk konfirmasi tindakan hard reset

Proses hard reset akan dimulai dan tunggu saja beberapa saat sampai semua selesai.

Penutup

Jika hanya masalah software, factory reset sudah tentu menjadi solusi yang paling jitu yang bisa kamu lakukan untuk mereset handphone agar menjadi fresh lagi seperti baru.

Itulah beberapa cara mereset hp android dan iPhone yang bisa kamu coba dan praktekkan. Jika dirasa ada pertanyaan, langsung saja tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Dades Nugroho Techno Enthusiast, Drafter, Calon Ayah dan Suami yang baik, insyaaAllah. Semoga apa yang saya bagikan disini bisa menjadi ilmu dan pedoman yang bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *