Dades Nugroho Techno Enthusiast, Drafter, Calon Ayah dan Suami yang baik, insyaaAllah. Semoga apa yang saya bagikan disini bisa menjadi ilmu dan pedoman yang bermanfaat.

Jenis Kamera Digital yang Perlu Anda Ketahui

2 min read

jenis kamera digital

Banyak sekali jenis kamera digital yang ada dan beredar di dunia saat ini. Hal itu terjadi juga karena banyak produsen teknologi khususnya pada sektor kamera yang berlomba-lomba menciptakan kamera jenis terbaru dengan teknologi yang lebih baik.

Selain bentuk body yang mulai ramping, kamera digital saat ini juga banyak terjadi peningkatan kualitas baik dari kemampuan sensor, kualitas piksel yang lebih tajam dan semakin rapat juga dari segi mobilitas penggunaan.

Jenis-Jenis Kamera Digital

Nah sekarang aku mau kasih penjelasan jenis-jenis kamera digital baik kamera basic maupun profesional, biar kamu tidak salah beli dan bisa membeli kamera yang sekiranya cocok serta sesuai dengan kebutuhanmu. Apa saja itu?

Kamera Pocket

Kamera pocket ini memiliki body yang kecil dan bisa kamu bawa kemana-mana. Seperti namanya pocket atau kamera saku. Tujuan dibuatnya kamera ini ialah sebagai praktisan. Untuk image quality ya pastilah masih dibawah jenis kamera SLR maupun Mirrorless karena memang tujuan utamanya ialah penggunaan dan fungsi yang praktis.

Jadi hampir semua fungsi dari fitur di kamera pocket ini otomatis, sangat jarang sekali fungsi manualnya. Ya mungkin ada penambahan seperti filter dan skin yang bisa kamu gunakan untuk memotret pada pagi hari atau sore hari, namun tidak sebaik dan sehandal jenis kamera profesional.

Karena jaman semakin berkembang, kini kamera pocket pun memiliki 2 jenis tambahan yang berbeda. Antara lain:

Kamera Pocket Prosumer

Ini salah satu jenis kamera pocket favoritku. Ya karena sangat simpel, praktis dan kualitasnya juga sudah bagus banget. Meskipun belum bisa dibandingkan dengan kamera profesional, namun untuk kelas pocket ini yang terbaik.

Salah satu merk kamera pocket prosumer yang menurutku terbaik ialah Sony RX100 IV. Jadi kalau untuk sekedar jalan-jalan dan tidak mau repot, sangat kusarankan untuk menggunakan kamera ini saja.

Kamera Pocket Underwater

Seperti namanya, kamera pocket underwater ini bisa kamu gunakan untuk mengambil gambar atau memotret didalam air. Ya memang fungsi utamanya itu. Jadi kalau kamu suka diving dan ingin memotret alam bawah air atau laut, kamera ini sangat praktis dan simpel untuk kamu gunakan.

Kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex)

Kamera SLR atau DSLR ini merupakan kamera yang diperuntukkan sebagai kamera profesional. Profesional disini maksudnya kamera yang bisa kamu pakai atau bisa menyesuaikan di segala kebutuhan. Salah satu tandanya ialah lensa yang bisa kamu gonta-ganti sesukamu menyesuaikan kebutuhan.

Kamera ini menggunakan cermin untuk memantulkan gambar menuju viewfinder. Sehingga kita kalau melihat objek itu bisa terlihat dari viewfinder dan tidak hanya dari lcd saja. Ini sangat penting karena terkadang gambar pada lcd tidak senyata gambar pada viewfinder.

Untuk kamera DSLR sendiri memiliki tingkatan kategori yaitu Entry Level untuk pemula yang baru memulai terjun di dunia fotografi, Semi-PRO untuk kamu yang sudah mulai mahir dan mengerti tentang kamera dan PRO untuk kamu yang benar-benar profesional.

Kamera Mirrorless

Awalnya kamera ini hadir untuk menjawab harapan dari banyak orang yang menginginkan kamera profesional namun dengan dimensi body yang ramping dan praktis dibawa kemana-mana. Seperti namanya mirrorless, kamera ini meniadakan cermin yang ada di body kamera DSLR. Jadi kalau kita buka lensa pada kamera mirrorless, makan akan langsung terlihat sensornya.

Kamera mirrorless ini sekarang sudah banyak yang memiliki fitur yang sebanding dengan kamera dslr. Bahkan untuk pengambilan video aku sarankan untuk memakai jenis kamera ini saja. Aku sudah pernah membahas semuanya di artikel kamera mirroless terbaik.

Kamera Prosumer

Kamera prosumer ini sebanding atau mirip dengan kamera DSLR, hanya saja untuk lensa kamera tidak bisa kamu ganti. Kamera ini memiliki lensa zoom yang panjang dengan sudut fokus yang super lebar yaitu 20mm atau 22mm. Kamera ini ialah perpaduan dari dari SLR dan kamera point on shot.

Yang membedakan dari kamera jenis point on shot ialah kamera ini sudah memiliki banyak fungsi manual. Jadi gampangnya seperti ini, semakin mahal suatu kamera maka fungsi manual yang dimiliki akan semakin banyak. Seperti aparture priority, shutter priority dan masih banyak lainnya.

Action Cam

Kebutuhan semakin meningkat, semakin banyak pula orang yang ingin mengabadikan momen-momen action mulai dari yang normal hingga yang extreme. Kamera digital normalnya hanya untuk foto-foto atau video normal saja, maka itu dibuatlah sebuah sebuah kamera yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

Action Cam ini lebih banyak diperuntukkan untuk kebutuhan pembuatan video. Walaupun kamera ini bisa saja kamu gunakan untuk mengambil sebuah foto, namun fitur-fiturnya kebanyakan diperuntukkan untuk menunjang pembuatan sebuah video.

Sekarang ini banyak sekali action cam bisa kamu temui dipasaran. Salah satu yang terkenal dan menjadi primadona ialah produk Go Pro. Biasanya orang-orang memadukan kamera ini dengan alat tambahan yang terpasang di badan mereka seperti chest strap, head strap dan stabilizer.

Penutup

Itulah sedikit penjelasan tentang jenis – jenis kamera digital baik untuk kelas biasa maupun profesional. Saranku pilihlah kamera yang memang sesuai dengan kebutuhanmu saja biar tidak buang-buang budget. Semoga bermanfaat.

Dades Nugroho Techno Enthusiast, Drafter, Calon Ayah dan Suami yang baik, insyaaAllah. Semoga apa yang saya bagikan disini bisa menjadi ilmu dan pedoman yang bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *