Dades Nugroho "Jika Allah menghendaki, yang terburuk pun akan menjadi yang terbaik". Techno Enthusiast, Drafter & Blogger.

Daftar Kamera Mirrorless Terbaik 2020 (Entry Level)

4 min read

kamera mirrorless terbaik

Berbagai brand kamera sekarang sudah bersaing menyuguhkan kamera mirrorless terbaik besutan mereka. Dan kamu mungkin akan dibuat bingung dengan banyaknya kamera dari brand terkenal seperti Canon, Nikon, Fujifilm, Sony, Panasonic dan lainnya.

Sekarang ini tipe kamera mirrorless sudah menjadi pilihan favorit untuk para vlogger dan instagramer. Selain dimensi ukurannya yang kecil seperti kamera pocket, mirrorless juga sudah dilengkapi dengan image sensor yang sama besarnya dengan kamera DSLR.

Lalu adakah jenis kamera mirrorless untuk pemula yang memiliki fitur lengkap dan mantap? jawabannya ada.

Daftar Kamera Mirrorless Terbaik Entry Level

Jika kamu sedang mencari referensi tentang kamera mirrorless terbaik khususnya di lini entry level atau pemula, nah aku kira daftar kamera yang akan aku bahas ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk kamu. Selain harganya yang hanya berkisar 5 jutaan, fitur yang ditawarkan juga tak main-main.

Kamera yang akan aku bahas ini kesemuanya sudah pernah kucoba sendiri. Dan kupastikan ini bukan omong kosong belaka. Memang sih masing-masing individu memiliki selera yang berbeda, namun apa salahnya aku berbagi pengalaman dari sudut pandangku.

Oh iya kalau kamu berniat mencari kamera bekas, aku punya seller rekomendasi nih di Mas Indra. Ada kok youtube channelnya dan ini IG nya @jualkamera. Ini murni rekomendasi pribadi ya, aku gak kenal Mas Indra, beliau juga gak kenal aku. Murni karena aku puas dengan pelayanan disana.

Langsung saja aku akan mulai dari yang terbaik menurut seleraku.

ProdukSeriHarga
lumix gf10Panasonic Lumix GF10Rp. 5.399.000,-
sony a5000Sony A5000Rp. 2.950.000,- (bekas)
canon eos m10Canon EOS M10Rp. 5.245.000,-
fujifilm x-a10Fujifilm X-A10Rp. 4.400.000,-

1. Panasonic Lumix GF10

Dari semua kamera mirrorless entry level yang pernah aku gunakan, aku cukup terkesan dengan kamera Mirrorless Panasonic Lumix GF10 ini dan juga yang paling aku rekomendasikan untuk kamu pilih. Pas pertama kali pegang kamera ini ya rasanya seperti megang kamera pocket, karena bentuknya kecil dan ringan serta lensa yang pendek.

Lumix GF10 ini merupakan lineup dari mirrorless micro four thirds lumix di lini entry level dan bisa dibilang seri terbawah dari semua kamera mirrorless besutan panasonic lumix. Kamera ini pertama kali keluar pada tahun 2018 dan masih di produksi hingga sekarang ini. Lalu masih layak tidak untuk tahun 2020? layak dong.

Aku akan bahas fitur-fitur yang menonjol saja ya dari Lumix GF10 ini. Kalau fitur yang umum ada di semua kamera mirrorless ya tidak akan terlalu aku tekankan.

Dedicated 4K & Post Focus Button

Yang pertama kamera ini sudah memiliki dedicated button untuk 4K dan post focus. Yang mana kamu sudah bisa membuat foto burst dengan menggunakan kamera ini. Selain foto, kamera ini juga bisa kamu gunakan untuk membuat video 4K. Dan mantapnya lagi videonya sudah stabil di 30Fps. Jadi ini bukan 4K abal-abal. Kamera ini punya frame rate tertinggi di 50Fps jadi sudah sangat baik buat bikin video slow motion.

Lalu dengan post focus kamu juga bisa menentukan titik fokus pada gambar setelah motret. Jadi biasanya kan sebelum motret kamu musti nentuin titik fokus dulu, nah disini kamu bisa nentuin titik fokusnya setelah motret baru nanti di save menjadi jpeg. Sangat berguna untuk motret micro photo atau photo yang butuh presisi fokus yang baik.

Layar Flip untuk Selfie / Vlog

Lumix GF10 sudah mendukung flip screen, jadi layarnya bisa kamu flip keatas. Menurutku ini sangat berguna buat kamu yang hobi selfie atau ingin membuat vlog dan tak mau ribet dengan kamera setup lainnya.

Apalagi kalau kamu padukan dengan lensa 25mm punya lumix, wahhh udah jadi instagram staterpack lah. Mantap banget buat ambil foto bokeh dan mengabadikan setiap moment di perjalananmu.

Menu Flip Screen

Nah ini juga salah satu keunggulan dari lumix gf10. Jadi tiap kali kamu ngeflip layarnya, nanti akan muncul fitur-fitur baru seperti soft skin, slimming mode, background control dan banyak lainnya. Kalau menurutku sih ini fitur cocok banget buat para cewek nih.

Itu sedikit fitur-fitur menonjol dari lumix gf10. Untuk lainnya ya masih banyak tapi hanya akan kamu rasakan ketika mencobanya secara langsung. Intinya dengan dimensi yang kecil sudah bisa kamu bawa kemana-mana. Kamera ini bisa menjadi pilihan yang bagus buatmu yang hobi traveling.

2. Sony A5000

Sony A5000 pertama kali diluncurkan pada tahun 2013 dan masih banyak dicari hingga saat ini. Sekarang ini harga secondnya hanya berkisar 3,5 jutaan. Sangat murah sekali untuk kamera mirrorless sekelas sony ini.

Masih worth kah kamera sony a5000 ini ditahun 2020? menurutku sih masih worth ya. Khususnya di lini entry level, kamera ini masih bisa memenuhi kebutuhan kamu untuk mengabadikan setiap moment.

Langsung saja aku akan bahas kelebihan dari kamera sony a5000 ini. Yang aku bahas ini fitur-fitur yang membantu memenuhi kebutuhan motretmu saja.

Flip Screen

Jadi dulu nih dari banyaknya kamera sony hanya kamera ini saja yang bisa flip screen. Serius lho ini gak bercanda. Seri lain seperti a6000, a6300 dan lainnya kesemuanya tidak bisa flip screen. Itu yang menjadi keunggulan tersendiri untuk sony a5000. Flip screen ini sangat membantu untuk kamu yang doyan selfie dan ngevlog.

Tombol mudah dipahami

Yang paling penting dari kamera mirrorless untuk pemula tentunya kemudahan dalam penggunaannya. Nah kamu hanya akan menemukan 4 tombol utama pada kamera ini. Dan kesemuanya sudah mewakili fitur-fitur yang ada didalamnya. Jadi cukup memudahkan kamu yang bahkan masih awan sekalipun dalam hal kamera.

Flexibel Flash

Ini juga salah satu hal yang aku suka dari sony a5000. Jadi flashnya bisa kamu gerakin sesukamu. Tentu ini sangat membantu kamu untuk memainkan pencahayaan dan tak memerlukan flash external.

Kekurangan Sony A5000

Dari semua keunggulan itu ada satu kekurangan yang menurutku cukup annoying ya. Yap kamera ini belum support mic external. Kalau untuk foto sih fine-fine saja, tapi untuk video ini cukup fatal. Jadi buat kamu para vlogger mungkin kamera ini tak akan begitu maksimal untuk memenuhi kebutuhanmu. Ya worth sih, tapi tidak maksimal.

3. Canon EOS M10

Ini adalah seri termurah dan terbaik dari semua tipe mirrorless besutan Canon yang hadir pertama di Indonesia pada tahun 2016 lalu. Saya bisa katakan kualitas dari kamera ini sangat baik dan masih diatas kamera entry level dari brand lain (selain lumix gf10 tentunya haha).

Kualitas lebih dari yang lain

Memang sih menurutku tak ada fitur yang spesial dari kamera ini. Semuanya terasa biasa saja namun dengan kualitas yang lebih baik dan spesifikasinya yang cukup tinggi. Kamera ini sudah menggunakan sensor APS-C CMOS berkekuatan 18 megapiksel dan didukung teknologi Digic 6. Untuk lengkapnya bisa langsung kamu cek di website resminya id.canon.

Canon EOS M10 juga sudah mendukung flip screen yang sangat cocok buat kamu ngevlog dan selfie. Terus juga fokus ratenya tergolong tinggi untuk kelas entry level. Jika dibilang worth, saya katakan ini worth it. Lebih baik dari yang lain tapi tidak begitu WOW.

4. Fujifilm X-A10

Nah ini buat kamu suka banget sama kamera model klasik, kamu pasti akan jatuh cinta dengan kamera mirrorless fujifilm x-a10 ini. Desainnya sudah khas kamera fuji ya, mengusung tema classic elegan serta terdiri dari varian warna silver pink dan silver coklat (yang saya tau / pernah pegang). Sangat cocok untuk kamu bawa traveling.

Fitur dan keunggulan Fujifilm X-A10

Fujifilm X-A10 menggunakan sensor APS-C berkekuatan 16,3 megapiksel dengan cakupan ISO mencapai 6400 dan dapat diperluas hingga 25600. Kamera ini juga sudah mendukung flip screen dan dilengkapi dengan eye detection AF yang bisa kamu pakai untuk selfie.

Untuk keunggulan dari kamera ini ya ada di fitur portrait enhancer, dimana mode ini bisa membuat warna kulit pada subjek foto menjadi lebih putih dan mulus.

Menurutku antara Fujifilm X-A10, Sony A5000 dan Canon M10 ini tak ada perbedaan yang signifikan ya. Jadi jika memang ada yang membedakan dari hasil fotonya, maka itu pure skill dari pilotnya. Tergantung seleramu lah mau yang mana karna ketiga kamera ini benar-benar seimbang.

Penutup

Daftar kamera mirrorless terbaik untuk lini entry level ini akan terus saya update dan perbarui nantinya jika saya sudah menemukan list baru. Ulasan ini jujur apa adanya dari saya dan bukan karena fanboy salah satu merk dari kamera diatas. Sekali lagi selera tiap orang itu beda. Jika kamu punya sudut pandang lain, silahkan tulis dikolom komentar. Semoga bermanfaat.

Dades Nugroho "Jika Allah menghendaki, yang terburuk pun akan menjadi yang terbaik". Techno Enthusiast, Drafter & Blogger.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *