Dades Nugroho Techno Enthusiast, Drafter, Calon Ayah dan Suami yang baik, insyaaAllah. Semoga apa yang saya bagikan disini bisa menjadi ilmu dan pedoman yang bermanfaat.

Membuat Antena TV Digital

1 min read

membuat antena tv digital

Sudah bukan rahasia umum bahwasannya sekarang ini tidak diperlukan lagi sebuah antena khusus untuk menangkap sinyal dari tv digital. Bahkan untuk membuat antena tv digital sendiri dirumah pun sekarang sudah bisa kita lakukan dan kreasikan dengan alat seadanya. Untuk bisa menikmati siaran tv digital, tentunya hal ini bisa dilakukan jika TV digital kita sudah mendukung atau dilengkapi dengan tuner DVD-T2.

Banyak sekali para teknisi yang sudah sharing seputar desain antena digital baik di website maupun di youtube. Dan berikut ini salah satu desain yang terbilang populer dan cukup mudah untuk dibuat bahkan untuk seorang pemula sekalipun.

antena tv digital

Desain ini dinamakan Digital TV Coat-Hanger Antenna atau orang Indonesia mengenalnya dengan sebutan antena gantungan baju. Dari namanya saja sudah menjelaskan apa bahan utama dari antena ini, yap bahan utamanya ialah kawat gantungan baju. Namun kita juga bisa menggunakan kawat tembanga dan lainnya asalkan diameternya masih di kisaran -/+ 2mm atau 12 AWG.

Langkah Membuat Antena TV Digital

Berikut ini langkah-langkah cara membuat antena tv digital model hanger baju atau gantungan baju. Saya akan urutkan langkahnya sesuai dengan nomor digambar agar mudah dipahami.

antena tv digital outdoor step 1

Gambar 1

Sediakan papan tipis dengan ukuran panjang 20 inchi dan lebar 3inci (bisa Anda sesuaikan dengan selera Anda). Kemudian buatlah lubang sesuai gambar dengan diameter seukuran sekrup yang akan Anda gunakan.

Gambar 2

Langkah pertama buatlah kawat dari gantungan baju atau tembaga membentuk huruf “V” sebanyak 8 buah. Ini nantinya akan dijadikan sebagai antena penangkap sinyalnya. Langkah kedua buat kawat seperti pada gambar (b), kawat ini berguna untuk menghubungkan kawat “V” dari satu kelainnya.

Gambar 3

Sekarang tinggal merakitnya saja. Pasang kawat V pada papan kemudian pasang kawat penghubungnya. Beri isolasi atau bisa juga bahan perekat lain anggar kawat tidak saling bersentuhan atau bersinggungan sesuai dengan anak panah pada gambar 3 di atas.

Gambar 4

Setelah semuanya terakit, sekarang komponen terpentingnya. Sediakan IMT atau Impedance Matching Transformer biasa dikenal dengan sebutan Balum 300/75 ohm.

IMT ini berguna agar sinyal yang diterima tv digital Anda tidak mudah terganggu oleh interferensi dari gelombang radio serta gelombang lainnya. Anda bisa dengan mudah mendapatkan komponen ini di toko elektronik terdekat di kota Anda.

antena tv digital outdoor step 2

Gambar 5

Pasang IMT yang sudah Anda siapkan tadi persis ditengah papan antena seperti yang ditunjukkan pada gambar. Kemudian pastikan disekrup dengan kencang dan ketat agar tidak mudah copot.

Setelah ini sambungkan kabel coaxialnya ke TV Digital Anda dan mulailah untuk menghidupkan tv serta lakukan scan untuk mencari sinyal dari stasiun pemancar tv di wilayah Anda. Pada tahap ini Anda bisa gerak-gerakkan atau taruh antenannya pada posisi tempat yang cukup tinggi agar semakin baik dalam menerima sinyal.

Gambar 6

Ini hanya langkah tambahan saja jika dirasa sinyal yang didapat kurang memuaskan. Tambahkan reflektor seluas bidang penerimaan antena. Reflektor ini bisa Anda buat dari triplex yang kemudian dilapisi alumunium foil pada sisi dalamnya atau yang menghadap ke antena.

Hasil Jadi

antena gantungan baju hasil akhir

Diatas adalah contoh antena yang sudah jadi namun belum ada tambahan reflektor. Ya kira-kira seperti itu jadinya. Itulah langkah-langkah membuat antena tv digital sendiri, cukup mudah dan bisa Anda praktekan langsung dirumah. Selamat berkreasi.

Dades Nugroho Techno Enthusiast, Drafter, Calon Ayah dan Suami yang baik, insyaaAllah. Semoga apa yang saya bagikan disini bisa menjadi ilmu dan pedoman yang bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *